Inovasi Pendidikan

Inovasi sebagai suatu ide, gagasan, praktik atau obyek/benda yang didasari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

Oleh sebab itu, inovasi pada dasarnya merupakan pemikiran cemerlang yang bercirikan hal baru ataupun berupa praktik-praktik tertentu ataupun berupa produk dari suatu hasil olah pikir dan oleh teknologi yang  diterapkan melalui tahapan tertentu yang diyakini dan di maksud untuk memecahkan persoalaan yang timbul dan memperbaiki suatu keadaan  tertentu ataupu proses tertentu yang terjadi di masyarakat.

Sayangnya, inovasi pendidikan umnya merupakan suatau gerakan yang bersifat top down, dalam arti, insiatif dalam melakukan inovasi selalu datang dari pihak pemerintah.

Misalnya untuk memcahkan persoalan-persoalan yang dihadapi telah banyak di lontarkan model-model inovasi pendidikan dalam berbagai bidang antara lain: usaha pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, peningkatan efesiensi dan efektifitas pendidikan, dan relevansi pendidikan.

Kesemuanya dimaksudkan agar difusi inovasi yang dilakukan bisa diadopsi dan dimanfaatkan untuk perbaikan  dan pemecahan persoalan pendidikan  di Indonesia.

Beberapa contoh inovasi antara lain: program belajar jarak jauh, manajemen berbasis sekolah, pengajaran kelas rangkap, pembelajaran konstektual , pembelajaran aktif , kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Dalam bidang pendidikan, banyak usaha yang dilakukan untuk kegiatan yang sifdatnya pembaharuan atau inovasi pendidikan. Inovasi yang terjadi dalam bidang pendidikan tersebut antara lain dalam hal manajemen  pendidikan, metodologi pengajaran, media, sumber  belajar, pelatihan guru, implementasi kurikulum, dsb

 

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin