Perpisahan PPL di SMP TRI MULIA Petukangan Selatan

Dengan mengucap syukur kepada Allah Ta’ala, satu kelompok telah menyelesaikan program PPL/Praktikum Kegiatan Lapangan mereka. pada tahun akademik 2011-2012 ini ada lima kelompok PPL yang disebar di 5 sekolah sekitar STAIDA. Kelompok ini yang diketuai oleh LIlis Khalilah, dengan anggota Pipit Nuri Mulyaningtyas, Prita Delita, Rudi Wahyudi dan dibimbing oleh Bpk. H. Nasiruddin Chalid MA, ditempatkan di SMP Tri Mulia yang berlokasi di Petukangan, tepatnya di dekat Univ. Budi Luhur. Mereka mulai paritikum dari 27 Februari sampai 31 Maret 2012. Tidak terasa telah satu bulan mereka di sekolah ini. pihak sekolah meminta perpisahan dilaksanakan pada hari ini, karena untuk hari-hari mendatang mereka tidak bisa hadir, itulah alasan mengapa mereka mengadakan perpisahan sebelum tanggal 31 Maret.

Pihak sekolah menerima mereka dengan baik. mulai dari penyiapan data yang diperlukan, pembagian tugas sampai pergaulan sesama guru, para mahasiswa PPL ini selalu mendapat sikap baik dan kooperatif dari mereka para guru. bahkan, salah satu mahasiswa PPL, yaitu Prita Delita, ditawarkan untuk melanjutkan kinerja sebagai guru di sekolah tersebut, dalam arti benar-benar jadi guru yang memiliki jadwal rutin terdaftar seperti guru lainnya. Kami sangat bangga dengan hal ini, yang berarti kualitas mahasiswa  PPL ini tidak mengecewakan di mata mereka.

Satu kritikan yang sangat urgen disampaikan pihak sekolah, mereka mengharap PPL ini tidak hanya sebulan, karena sebulan itu belum cukup bagi mahasiswa untuk merasakan semua bidang dalam dunia kependidikan. tidak semua ekskul terdampingi, tidak semua kegiatan atau pekerjaan tenaga kependidikan dapat mereka laksanakan, karena waktu yang demikian singkat.

Saya selaku penanggung jawab PPL, sangat mengharapkan adanya kebijakan baru dari berbagai pihak yang berwenang dalam memberikan izin dan keluangan bagi para peserta PPL pada angkatan selanjutnya, sehingga mereka lebih maksimal dalam mendapatkan ilmu praktikum yang nota bene sangat mutlak mereka miliki, bila memang kita menginginkan output kampus ini dapat dipertanggungjawabkan kesiapan dan daya gunanya di masyarakat.

Saya,  atas nama  pribadi dan lembaga sangat menghargai usaha dan kinerja mahasiswa PPL ini, semoga waktu PPL yang sangat singkat ini menjadi pengalaman berharga sebagai modal mereka menjadi pendidik tunas muda bangsa di hari depan, amiiinnn.

 

disampaikan oleh penanggung jawab PPL: Hj. Dzaatil Husni, MA

 

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Comments are closed.