SUPERVISI PROGRAM PPL

Alhamdulillah, tadi jam 10.30 WIB saya mengunjungi MTs. As Sa’adah dalam rangka supervisi pelaksanaan program PPL. Di sekolah tersebut mahasiswa yang melangsungkan PPL adalah Rika Johar dan Fatimatuzzahro dari kelas regular pagi, dan Roheti serta Mban Ningsus dari kelas regular sore, yang kesemuanya adalah mahasiswa jurusan Kependidikan Islam semester VII.

Dari ngobrol dalam suasana santai dengan kepala sekolah, wakil  dan guru pamong, saya mendapat kesan bahwa anak-anak kami diterima dengan sangat baik disana. Kepala sekolah menilai ke empat orang ini disiplin, proaktif dan pandai bersosialisasi denagn para guru dan anak didik. Sempat wakil kepala sekolah mengedarkan angket kepada anak didik untuk diisi, mempertanyakan opini dan respon mereka terhadap kinerja dan keberadaan anak-anak PPL kami. Syukurlah, kebanyakan anak-anak menilai positif, bahkan beberapa anak menyatakan rasa senang mereka andai kakak-kakak PPL ini terus mengajar di As Sa’adah.

Alhamdulillah… kemampuan membuat RPP mereka dinilai cukup baik oleh guru pamong, kemampuan mengajarpun tidak dinilai rendah. Mereka dianggap pandai bergaul, dan bisa menguasai kelas. Kami, atas nama para dosen STAIDA merasa senang, bahwa anak-anak tersebut dapat mengaplikasikan keilmuan yang sudah mereka dapatkan untuk menjadi seorang guru.

Semoga PPL ini benar-benar menjadi pengalaman yang mengesankan mereka sekaligus persiapan mental agar ketika di masyarakat nanti mereka sudah siap untuk memberdayakan diri… amiiinn.

 

Hj. Dzaatil Husni Bt. Ali, MA.

penanggung jawab program

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin