E-Learning Metode Pembelajaran Yang Menarik

Pelatihan e-learning di darunnajah cipining | www.darunnajah.com
Pelatihan e-learning di darunnajah cipining

BOGOR/dn.com – Electronic Learning atau yang akrab kita dengar dengan istilah E-Learning atau Pembelajaran Elektronik merupakan salah satu cara pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai negara di dunia ini termasuk di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat yang berpengaruh  pada berbagai lapisan sendi kehidupan termasuk didalamnya dunia pendidikan.

Pesantren Darunnajah 2 Ci[pining Bogor yang sejak masa-masa awal  keberlangsungan Program Belajar Mengajarnya sudah aktif mengikuti perkembangan teknologi  dan  sudah 5 terakhir juga menyelanggarakan pendidikan kejuruan SMK IT Darunnajah  yang dikepalai Ustadz Sholeh Ahmad, S.Kom (alumni perdana TMI Darunnajah Cipining dan LP3i Jakarta) senantiasa meningkatkan pelayanan pendidikan, antara lain dengan menggunakan E-learning.

Dalam mempersiapkan penerapan E-Learning di lingkungan pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor yang telah dirintis di Pesantren Darunnajah Jakarta sejak beberapa tahun lalu,  dan kemudian akan diterapkan pada seluruh lembaga dibawah naungan Yayasan Darunnajah maka Pesantren   Darunnajah 2 Cipining  sudah beberapa kali mengutus beberapa  orang guru untuk mengikuti workshop yang dilaksanakan di Pesantren Darunnajah  Group dan lembaga lainnya.

Sebagai salah-satu follow up serta evaluasi dari pertemuan tersebut, maka  selama 3 hari sejak 25 – 27 Mei 2012 kembali diadakan workshop e-learning di lab. Komputer Darunnajah Cipining dengan bahasan utama pembuatan modul pembelajaran menggunakan swishmax dan pembuatan server serta instalasi linux. workshop ini diikuti oleh 30 utusan dari Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang.

Dalam workshop yang berjalan dengan antusias dan full ukhuwwah ini, menghadirkan tutor Dedy Setio Afrianto, S.Kom., M.Pd yang sudah 5 tahun terakhir ini berkhidmah di Nurul Fikri Cinangka Anyer Serang . Setiap hari terdiri dari 4 sesi ; pagi (o8.00-11.30), siang (13.30-15.00), sore (16.00-17.30) dan malam (20.00-22.00).Diharapkan dengan penerapan E-Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Peesantren Darunnajah 2 Cipining pada  khususnya dan di lingkungan Yayasan Darunnajah pada umumnya. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Biro IT darunnajah 2 Cipining, ustadz Musthafa Zahir Jamhari, Lc, S.Pd.I, dalam sambutan pembukaan workhsop. semoga! (WARDAN).

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin