Hiasilah diri dengan adab dan akhlak mulia

12662043_1083547768357123_7791654525603782289_n

Islam meninggikan dan mengutamakan orang-orang yang mau menghiasi diri mereka dengan akhlak yang mulia. Dalam sebuah hadits,Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sebaik-baik kalian adalah yang paling mulia akhlaknya” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan beliau juga bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat tempattinggalnyadenganku pada hari kiamat adalah yang paling mulia akhlaknya” (HR. Tirmidzi, shahih)

Dengan adab dan akhlak mulia pulalah kelak pada hari kiamat timbangan kebaikan seseorang bisa lebih berat daripada timbangan kejelekannya sebagaimana sabda Nabi,

“Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat daripada akhlak yang mulia” (HR. Tirmidzi, shahih)

kepada siapa kita berakhlak mulia?

jika kita masih santri (SD/SMP) tentunya, awali dengan berahklak mulia kepada kedua orang tua kita, dimana merekalah yang memberikan nafkah serta pendiidkan yang baik. jika kita sudah mengetahui kepada siapa yang seharusnya beradab baik tentunya kepada Allah SWT, Kepada Nabi-Nabinya, kepada kedua orang tua, kepada diri sendiri, kepada makanan, kepada ilmu/ulama/guru, dan sebagainya. karena semuanya adalah mahluk Allah yang baik dan kitapun harus berahklak yang baik.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin