Fenomena “Penumpang Gelap” di Dunia Akademik

1Jakarta – Bagi kamu yang baru menjadi mahasiswa, ada beberapa hal yang mungkin membuat kamu takjub dan mungkin juga membuat kamu bingung. Ya.. kehidupan dunia perkuliahan memang sangatlah berbeda dengan dunia sekolah, disini kamu harus bersiap untuk mandiri dalam studimu. Selain itu kamu juga harus tahu apa saja yang akan kamu dapatkan selama dunia perkuliahan, salah satunya ialah Data Mahasiswa kamu.

Apa itu Data Mahasiswa? Data Mahasiswa merupakan data yang amat penting bagi mahasiswa karena berkaitan dengan perkuliahan selama di Perguruan Tinggi. Data ini dapat menyatakan bahwa kamu benar-benar berkuliah di perguruan tinggi tersebut. Data Mahasiswa ini akan dikumpulkan dan didaftarkan secara nasional pada PDPT (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) DIKTI.

For Your Information nih, PDPT merupakan pangkalan data yang memuat informasi kemahasiswaan dari perguruan tinggi yang terdaftar di seluruh Indonesia. PDPT ini dulu bernama EPSBED (Evaluasi Program Studi Berdasar Elektronik Data). Data Mahasiswa yang sudah ada di website PDPT DIKTI ini dapat menandakan bahwa mahasiswa tersebut secara sah diakui dan bukan “Mahasiswa Bodong”,atau istilah lain “Penumpang Gelap” kalo kamu bagaimana?

Apa saja sih isi Data Mahasiswa di Website PDPT DIKTI? Data Mahasiswa di Website DIKTI berisi mengenai informasi Profil Mahasiswa dan informasi lain yang berkaitan dengan perkuliahan seperti Riwayat Status Kuliah dan Riwayat Studi.
Pada Profil Mahasiswa, ada beberapa informasi yang ditampilkan yakni seperti berikut:
  1. Nama Mahasiswa
  2. Jenis Kelamin Mahasiswa
  3. Perguruan Tinggi yang Bersangkutan Berkuliah
  4. Program Studi yang Ditempuh
  5. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  6. Semester Awal Perkuliahan
  7. Status Awal Mahasiswa
  8. Status Mahasiswa Saat Ini
Pada informasi Status Kuliah menerangkan status keaktifan perkuliahan mahasiswa mulai dari awal perkuliahan hingga semester saat ini. Pada informasi ini juga menerangkan pula mengenai berapa SKS yang ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahnnya.
Pada informasi Riwayat Studi sebenarnya hanya menjabarkan informasi Status Kuliah saja, yakni mengenai mata kuliah apa saja dan beban sks yang sudah ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahannya.
Mengapa kita harus mengecek Data Mahasiswa di PDPT DIKTI? Hal ini tentu sangat berkaitan bahwa kita benar-benar diakui oleh DIKTI sebagai Mahasiswa yang sah dan dari perguruan tinggi yang sah pula. Hal ini juga dapat menepis anggapan bahwa kita bukan sebagai “Mahasiswa Bodong”.
Sebenarnya untuk apa sih PDPT DIKTI itu? PDPT DIKTI banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam hal menilai seorang mahasiswa secara akademisnya. Sebagai contoh di dunia kerja, HRD akan melihat track record seorang mahasiswa selama perkuliahannya dari Website PDPT ini, selain itu HRD akan menilai status mahasiswa ini apakah berkuliah aktif atau tidak.
Yuk,,,Kunjungi website PDPT untuk Melihat status kamu … http://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin