KH. Hasyim Muzadi Meninggal Dunia

Jakarta – Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH. DR.Hasyim Muzadi tutup usia, Kamis (16/3/2017) pagi. Berdasarkan informasi yang beredar, KH. Hasyim Muzadi tutup usia sekitar pukul 06.15 WIB.  Beliau meninggal setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, akibat sakit yang dideritanya. Kesehatan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam itu belum stabil sejak sakit pada awal tahun lalu. Hasyim Muzadi pun sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang selama 10 hari. Kemudian pada Sabtu (11/3/2017) kemarin, KH. Hasyim Muzadi kembali dilarikan ke Rumah Sakit Lavalette. Lalu pada Senin (13/3/2017) ia pulang ke kediamannya.

Segenap Keluarga Besar Darunnajah turut berduka cita atas wafatnya KH. DR. Hasyim Muzadi, Semoga segala amal ibadah nya diterima oleh Allah SWT.

KH.Ahmad Hasyim Muzadi lahir di Tuban, Jawa Timur, tepatnya 8 Agustus 1944 adalah seorang tokoh Islam Indonesia dan mantan ketua umum Nahdlatul Ulama yang menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015.  Beliau juga pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang, Jawa Timur, sebelumnya dia sempat mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (1956-1962).

Muzadi menempuh jalur pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban pada tahun 1950, melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Gontor Ponorogo, ia lalu menuntaskan pendidikan tingginya di Institut Agama Islam Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 1969.

Kiprah organisasinya mulai dikenal ketika pada tahun 1992 ia terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur yang terbukti mampu menjadi batu loncatan bagi Hasyim untuk menjadi Ketua PBNU pada tahun 1999. Tercatat, suami dari Hj. Muthomimah ini pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986, yang ketika itu masih bernaung di bawah Partai Persatuan Pembangunan.

 

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin