Dewan Mahasiswa STAIDA adakan buka puasa bersama sivitas akademik STAIDA dan resmikan Musholla Ats-Tsaqofah

STAIDA Online – Dewan Mahasiswa (DEMA) merupakan jantung pergerakan mahasiswa di lingkungan kampus. Dalam sejarah kebangsaan Indonesia, mahasiswa dikenal sebagai agent of change dalam berbagai hal, karena jalan mahasiswa adalah jalan pergerakan.

Sebagai wujud pergerakan tersebut Dewan Mahasiswa (DEMA) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah pun banyak melakukan kegiatan. Dan pada sabtu (24/4) sore Dewan Mahasiswa STAIDA menginisiasi buka puasa bersama sivitas akademik STAIDA sekaligus meresmikan nama untuk Musholla yang terletak di Kampus STAIDA dengan nama Ats-Tsaqofah (wawasan keilmuan).

Kegiatan ini ditujukan untuk mempererat tali silaturrahmi mahasiswa dengan pengelola dan dosen STAI Darunnajah. Dan secara khusus kegiatan ini juga sebagai peresmian nama untuk Musholla yang berada di belakang gedung kampus.

“Semoga dengan nama Ats-Tsaqofah yang bermakna wawasan keilmuan atau ilmu pengetahuan ini, dari musholla ini akan lahir para pemimpin dan intelektual yang berkualitas di kelas nasional maupun internasional,” ujar Ustadz Anas dalam sambutannya mewakili pembimbing DEMA.

Acara dimulai dengan tahlil yang dipimpin oleh saudara Abdul Wahid mahasiswa MPI semester 6 STAI Darunnajah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Pemimbing Dewan Mahasiswa (DEMA) dan Wakil Ketua III bidang kerjasama dan kemahasiswaan.

Dalam sambutannya Wakil Ketua III bidang Kerjasama dan kemahasiswaan Ustadz Hendro Risbiantoro, M.S mengatakan, “semoga kita hari ini, Allah jadikan sebagai orang-orang yang beriman, berhijrah, berjihad di jalan Allah dengan harta, dan jiwanya sebagaimana dituturkan dalam surat at-Taubah ayat 20, karena balasannya adalah derajat yang tinggi di sisi Allah dan mereka lah orang-orang yang menang,” terangnya dalam sambutan.

Ia pun menambahkan, “bahwa ikut berdonasi dalam acara buka ini adalah jihad harta, ikut membantu acara ini adalah jihad jiwa serta ikut bergabung dalam acara ini adalah hijrah dari kamar atau rumah kita ke tempat ini. Dan tentunya kita semua yang berpuasa adalah orang-orang yang beriman,” jelasnya.

Setelah sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan  acara seremonial peresmian nama Musholla dengan menyalakan jam digital wakaf DEMA tahun 2021 dan pemotongan tumpeng.

Dan di akhir acara diadakan perfotoan untuk dokumentasi.