Forum Diskusi Dosen (FDD) Perdana: Pembelajaran Daring di masa pandemi, pengaruhnya terhadap perkembangan anak

STAIDA Online – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah Jakarta dalam mempersiapkan dirinya menuju universitas terus melakukan terobosan-terobosan termasuk dalam bidang akademik.

Salah satunya dengan mengadakan program baru yaitu Forum Diskusi Dosen (FDD) sebagai wadah untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan sekaligus wadah diskusi para dosen untuk membahas suatu isu permasalahan di lembaga pendidikan.

Forum yang diinisiasi oleh Wakil Ketua I bidang akademik STAI Darunnajah Jakarta ini akan diadakan secara rutin setiap bulannya. Dan forum diskusi perdana dilaksanakan pada sabtu (10/4) yang dimulai pukul 9.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB.

Narasumber pada forum perdana ini yaitu Ustadzah Duna Izfanna, M.Ed., Psy., Ph.D. yang merupakan lulusan program doktoral psikologi International Islamic University of Malaysia (IIUM) sekaligus ketua STAI Darunnajah Jakarta dari tahun 2018 sampai sekarang.

Acara perdana ini diikuti oleh para dosen dari berbagai kampus di Indonesia dan termasuk dosen dari STAI Darunnajah Jakarta, STEI Darunnajah, dan STAI Darunnajah Bogor. Jumlah peserta pendaftar forum ini lebih dari 90 dosen sebagaimana yang disampaikan oleh panitia forum.

Forum diskusi dipandu oleh Ustadzah Nurnaningsih, S.Pd.I, M.Kom yang merupakan dosen STAI Darunnajah Jakarta.

Mengawali pemaparannya Ustadzah Duna Izfanna menerangkan bahwa adanya pandemi covid-19 ini telah merubah banyak hal di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang Pendidikan.

Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai pandemi mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya adalah pembelajaran daring atau online.

“diantara kebijakan pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat adalah pembelajaran daring atau online. Dengan pembelajaran seperti ini kita mulai berkenalan dengan beberapa platform pembelajaran digital, seperti zoom, google meet, google classroom dan lain sebagainya. Tapi di sisi lain, ternyata ada pengaruhnya juga terhadap perkembangan anak,” jelasnya.

Beliau menjelaskan bahwa pengaruh dari pembelajaran daring terhadap perkembangan anak itu berupa pengaruh positif dan negatif. Dan pengaruh tersebut meliputi 3 ranah, yaitu fisik, kognitif dan Sosio-emosional.

Acara diakhiri dengan berfoto bersama seluruh peserta forum.