Menuju Konsorsium Perguruan Tinggi Pondok Modern: STAIDA tandatangani MoU dengan UNIDA, IDAQU dan Universitas Cordova Sumbawa

“Peradaban besar selalu diawali dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dan yang memiliki peran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan adalah Perguruan Tinggi. Maka, tiang peradaban adalah Perguruan Tinggi,” terang Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. dalam sambutannya.

Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) menginisiasi acara Silaturahmi Perguruan Tinggi Pesantren yang bertempat di kampus Universitas Darussalam Gontor pada hari sabtu dan ahad tanggal 3-4 April 2021.

Acara ini bertujuan untuk membangun kerjasama antar perguruan tinggi yang berada dalam kesatuan organisasi FPAG, dimana Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah Jakarta sebagai salah satu anggotanya.

Pada kesempatan ini ada agenda khusus untuk mempererat tali silaturahmi dan hubungan kerjasama ini dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Darussalam Gontor  dengan beberapa perguruan tinggi yang hadir saat itu, dan STAIDA salah satu yang mendapatkan kesempatan berharga untuk melakukan kegiatan tersebut.

MoU antara STAI Darunnajah dengan UNIDA Gontor

Dr. K.H. Zulkifli Muhadli, S.H., M.M selaku Ketua umum FPAG juga menyampaikan bahwa hasil kelanjutan dari acara ini adalah dideklarasikannya Liga Perguruan Tinggi Pondok Modern, yang disaksikan dan disahkan secara resmi oleh seluruh peserta dari Perwakilan Pondok Alumni Gontor pada penutupan di hari kedua tersebut.

Kerjasama yang dibangun tidak saja hanya dengan UNIDA sebagai pembina dari Liga Perguruan Tinggi Pondok Modern, namun juga terbangun kerjasama dengan sesama lembaga di bawahnya, dan dengan ini STAIDA mendapatkan kesempatan untuk melakukan MoU dengan Institut Darul Qur’an (IDAQU) dan Universitas Cordova Sumbawa.

MoU dengan Institut Darul Quran (IDAQU)

Prof. Hamid pun menambahkan, bahwa Indonesia harus banyak menghasilkan doktor, profesor, ulama yang banyak dan tidak ada habisnya sehingga bisa menjadi rujukan para pencari ilmu di seluruh penjuru dunia, seperti yang sudah dicontohkan oleh Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir.

MoU dengan Universitas Cordova Sumbawa

Semoga dengan adanya acara seperti ini bisa memperkuat dakwah Islam melalui perguruan tinggi yang mempunyai andil besar dalam membentuk peradaban.