Bagian kerjasama STAI Darunnajah Jakarta menggelar pertemuan via zoom dengan Darunnajah International Relation (DIRO) dan International Islamic College Malaysia sore kemarin, 9/9/202 pukul 15.30 hingga 16.30. Pertemuan digelar secara online karena masa pandemic covid-19 yang belum juga berkahir.

Pertemuan antar tiga institusi ini membahas tentang kerjasama-kerjasama antar lembaga. Kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan adalah pertukaran dosen, pelajar, ataupun program bersama. Sore kemarin, rapat difokuskan kepada program bersama yang tertuju kepada pemberian kesempatan untuk kelas 3 Aliyah Darunnajah agar bisa melanjutkan kuliah di IIC Malaysia ataupun ke International Islamic University Malaysia (IIUM).

IIC sendiri merupakan lembaga di bawah IIUM. Dari semua program yang ada di sana mengikuti program yang ada di IIUM. Hanya saja banyak modifikasi-modifikasi terkati kegiatan. Pihak IIC sendiri menawarkan program belajar bagi siswa aliyah Darunnajah untuk mengikuti matrikulasi beberapa materi dalam bahasa Inggris, sehingga nantinya ketika program tersebut berakhir, santri bisa langsung masuk kuliah di IIC. Untuk kuliah sendiri, bisa dilakukan di Indonesia selama 1,5 tahun dan sisanya baru ke Malaysia. Program yang diajukan adalah setara dengan diplom. Siswa yang mengikuti program diplom di IIC bisa melanjutkan langsung ke IIUM atau ke Federation University di Australia. Selain itu, mereka juga bisa melanjutkan di kampus mana pun yang mereka inginkan.

Program ini baru melalui tahap pematangan. STAI Darunnajah dan DIRO rencananya akan mematangkan program ini sebelum nantinya mengajukan proposal kegiatan ke pimpinan Darunnajah. Jika disetujui oleh pimpinan, maka program ini bisa menjadi angin segar bagi para santri Darunnajah atau mahasiswa S1 yang akan melanjutkan ke Malaysia.  

HR 10/9/2020