Jakarta, 22 September 2020

Ada yang menarik dalam acara wisuda strata satu (S1) STAI Darunnajah Jakarta kali ini. Wisuda sukses digelar secara online pada hari Sabtu, 19 September 2020.  Dalam sejarah wisuda STAI Darunnajah dari awal hingga sekarang, baru tahun ini diadakan secara online karena suasana pandemi yang masih berkepanjangan.

Wisuda online memang terlihat lebih simpel jika dibandingkan dengan wisuda offline. Tapi pada kenyataannya, wisuda online lebih menyulitkan panitia pelaksana. Dikonfirmasi dari ketua wisuda ke-21 STAI Darunnajah, Bustaman Alui, dirinya mengatakan bahwa resiko pelaksanaan wisuda secara virtual lebih besar, karena kita menangani banyak hal yang tidak terlihat seperti jaringan, koneksi kabel, live streaming, dan lain sebagainya. Pernyataan senada juga diungkapkan oleh tim Production House (PH) Darunnajah.

Menilik kepada kampus-kampus lain di Indonesia yang mengadakan wisuda virtual, mereka menyewa tim IT dari luar hingga mengeluakan dana puluhan juta rupiah. Namun STAI Darunnajah mencoba kemandirian dengan menurunkan tim IT sendiri. Dalam menyiapkan acara besar yang tak biasa ini, tim IT STAIDA dan Production House (PH) Darunnajah mencoba berbagai macam format dengan percobaan puluhan kali. Dari percobaan itu, mereka menemukan format jitu yang akhirnya diaplikasikan dalam acara wisuda.

Banyak tantangan-tantangan besar dalam melakasanakan wisuda virtual. Di antara tantangan-tantangan tersebut adalah upgrade kecepatan internet, koneksi suara mic ke akun zoom, live streaming youtube, mengatur timing slide, mengatur timing acara-acara, dan hal lain yang memang cukup rumit. Karena panitia yang solid serta tim IT STAIDA dan PH yang mencoba dengan luar biasa, maka kendala-kendala di lapangan dapat diatasi dan wisuda online pun berjalan dengan lancar, bahkan mendapat apresiasi yang luar biasa dari berbagai pihak.

HR: 22/9/2020