Energi Harokah

Bagikan:

198172-0_663_382
Harokah secara bahasa berarti bergerak atau action dalam bahasa inggrisnya sedangkan secara istilah adalah sautu gerakan yang memaksimalkan kepada suatu tujuan atau cita-cita sehingga tujuan atau target mudah tercapai. Terkait masalah energi harokah sangat banyakl kaitannya dengan kehidupan manusia sehari-hari, dimana manusia membutuhkan sebuah harokah atau pergerakan untuk mendapatkan sebuah impian. Apabila manusia tidak bergerak atau tidak melaksanakan suatu kewajiban baik itu yang bersifat vertikal maupun yang bersifat horizontal maka manusia tersebut akan merugi dan akan menjadi sampah masyarakat. dalam kehidupan keluarga misalnya dimana kebutuhan sangatlah banyak baik dari kebutuhan pangan maupun sandang dalam menafkahi sanak keluarga, istri dan anak-anak baik yang ada di rumah maupun yang berada di luar rumah (di Pondok/kulyah). ini semua, sangat membutuhkan kerja keras atau memperbanyak HAROKAH baik dalam mencari nafkah maupun memperbanyak berdoa dan tawakkal kepada Allah agar senantiasa dimudahkan urusannya dan dilancarkan kebutuhannya.
Dal;am dunia pendiidkan baik itu sebagai pelajar maupun sebagai pengajar sebagai pelajar juga harus banyak bergerak, bergerak dalam artian memperbanyak belajar serta memperbanyak membaca baik belajar dan belajar mengenai ilmu khusus (agama) maupun ilmu umum, serta tidak meluopakan sholat lima waktu serta memperbanyak doa, maka insyaallah Allahpun akan mudahkan segala urusannya serta cita-citanya akan mudah tercapai. Demikian dengan seorang pengajar, seorang pengajar juga harus memperbanyak melakukan suatu kebaikan atau memperbanyak HAROKAH dalam artian memperbanyak ilmu kepengetahuannya baik mempersiapkan materi untuk KBMnya serta juga memperbanyak sabarnya dalam menghadapi siswa-siswanya baik dalam formal ataupun non formal agar pencapain kegiatan belajar dan mengajarkan berjalan dengan baik dan berjalan dengan efektif.
Berkaitan dengan ini semua bahwa islam mengajarkan untuk memperbanyak gerak/HAROKAH sebagai maqolah islam yang artinya
INNAL ISLAMA BILHAROKAH WAAL HAROKATU YAHTAMILU BAROKAH
“sesungguhnya islam itu dengan banyak bergerak sedangkan memperbanyak gerak/tindakan maka akan menjadi berkah”
Dalaam potongan sair imam syafii yang artinya sebagai beriku
“Sungguh aku melihat, air yang tergenang dalam diamnya, justru akan tercemar lalu membusuk. Jika saja air tersebut mengalir, tentu ia akan terasa lezat menyegarkan. Tidak demikian jika ia tidak bergerak mengalir”
Penggalan-penggalan Moqolah tersebut cukup memberikan kontribusi terhadap kehidupan manusia, agar manusia senantiasa berprilaku semanagat dan optimis karena segala sesuatu itu akan mudah tercapai bila manusia tersbut banyak bergerak atau bertindak. Dan ingat semuanya dari Allah dan akan kembali kepada Allah.
Ini semua bagian dari teori HAROKAH yang m,emang sejak dahulu atau ajaran is;lam memang sudah ada. Agar teori ini atau HAROKAH dapat dipahami dengan jelas , maka kami akan membagi HAROKAH menjadi 2 bagian, pertama HAROKAH BIDDHOHIRI (tindakan yang nampak) dan yang kedua HAROKAH BISSUKUTI (tindakan dengan tidak nampak).
Namun sebelum membahas dan memperkjelas dua teori tersebut saya akan paparkan terlebih dahulu tentang sejarah harokah, dimana juga bagian dari init pembahasan.