Basic Training HMI Komisariat Universitas Darunnajah Cabang Jakarta Selatan

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Bagikan:

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan wadah pengembangan dan pecetak kader pemimpin yang berintelektual untuk masa depan. Himpunan Mahasiwa Islam ini diharapkan mampu menjadi pemuda penerus perjuangan yang melahirkan kader cita HMI (Ulil Albab) yang menjunjung tinggi serta mengakselarasi dan merekontruksi tatanan sosial menjadi lebih baik.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Bebicara mengenai kader, kader adalah orang yang diharapakan bisa melanjutkan perjuangan organisasi. Dilatih dan dipersiapkan untuk bertanggung jawab dalam memproduktifkan kegiatan organisasi. Maka dari itu kami memperkenalkan latihan kader atau basic training ini kepada mahasiswa Universitas Darunnajah yang lain agar bisa memperkuat terbentuknya HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) di Universitas Darunnajah.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan salah satu organisasi eksternal kampus yang ada di Universitas Darunnajah. Dengan adanya organisasi ini bisa memberi kita banyak pengalaman baru, wawasan yang luas serta relasi teman yang banyak dari berbagai kampus lainnya.

Latihan Kader (LK 1) atau Basic Training sebagai tahap awal untuk menjadi seorang kader. Dengan pengenalan nilai-nilai ke-islaman kepada para kader agar bisa Membentuk Mahasiswa yang Berintelektual serta Bernafakan Islam dan Nasionalis, Sebagai Manifestasi Nilai-Nilai Ulil Albab yang mana kita jadikan ini sebagai tema kita kali ini.

Kegiatan Latihan Kader (LK1) ini diadakan oleh HMI Komisariat Universitas Darunnajah Cabang Jakarta Selatan yang dilangsungkan pada hari Jum’at – Senin, tanggal 15-18 Juli 2022 di Graha Wisata Ragunan.

Berjalannya acara ini didukung oleh panitia yang teridiri dari 8 orang mahasiswa Universitas Darunnajah serta beberapa mahasiswa dari PTIQ-IIQ. Dan juga para pengkader cabang yang sudah membimbing serta mengontrol berjalannya latihan kader 1 ini.

Adapun materi yang disampaikan selama pelatihan kader 1 ini mencakup 6 materi wajib, dan 4 materi tambahan.

6 materi wajib yang meliputi Khittoh perjuangan HMI, yaitu:

  • Keyakinan Muslim,
  • Wawasan Keilmuan
  • Wawasan Sosial
  • Kepemimpinan
  • Etos Perjuangan
  • Hari Kemudian

Serta 4 materi tambahannya yang meliputi:

  • Sejarah dan Gerakan HMI
  • ATUI
  • Tata cara Bersidang
  • Manajemen Aksi

Setelah di selesaikannya setiap materi kita mengadakan Forum Group Discussion (FGD) para peserta dengan pengader HMI. Pada saat forum, keaktifan peserta dilihat dari sejauh mana peserta tersebut dapat mengimplementasikan materi dalam pelatihan.

—————————————-

Website : www.darunnajah.ac.id
Pendaftaran : www.darunnajah.ac.id/pmb/
Whatsapp : 0812-2200-1443
Instagram : @univ.darunnajah
Facebook : Universitas Darunnajah Jakarta