HKI Akreditasi Minggu Ini, Tim Bersiap Berikan yang Terbaik

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta, 13 September 2021

Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) STAI Darunnajah Jakarta akan menghadapi visitasi pada tanggal 17 sampai 18 September 2021. Kabar tersebut awalnya datang secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui surat yang dikirim dengan nomor 2823/BAN-PT/ SPT-AK/P/2021. Dalam keterangan yang tertera dalam surat tersebut, prose akreditasi Program Studi HKI STAI Darunnajah Jakarta dinyatakan lolos ke tahap asesmen lapangan. Menurut surat yang dikirim tersebut, Asesmen Lapangan akan diadakan secara daring pada hari Jum’at-Sabtu tanggal 17-18 September 2021. Pelaksanaan asesmen lapangan tersebut mengacu kepada 2 hal, yaitu perturan BAN-PT nomer 11 tahun 2017 tentang pedoman pengelolaan asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nomor 02 tahun 2014 tentang pedoman pelaporan pelaporan dan penetapan status gratifikasi. Selain itu, pimpinan perguruan tinggi juga wajib menandatangani pernyataan pertanggungjawaban atas validitas data yang digunakan dalam proses akreditasi.

Proses akreditasi HKI STAI Darunnajah sebenarnya sudah mengalami masa yang cukup panjang. Borang-borang akreditasi sudah disubmit sejak 2 tahun lalu. Ada hal fundamental yang sangat berpengaruh terhadap mundurnya asesmen lapangan ini, yaitu pandemi covid-19. Tim akreditasi HKI STAI Darunnajah juga pernah meminta keterangan langsung dari BAN-PT dan beberapa kampus lain, dan kenyataan di lapangan memang begitu. Tapi BAN-PT telah memberikan solusi terkait hal tersebut dengan tetap memberlakukan hasil akreditasi tahun sebelumnya yang HKI STAI Darunnajah sendiri mendapatkan poin cukup bagus, yaitu B.

Kali ini, tim akreditasi HKI STAI Darunnajah tidak menyianyiakan kabar baik terkait asesmen lapangan ini.  Mereka berjuang untuk memberikan yang terbaik saat visitasi. Sebagai persiapan, sesaat setelah surat pemberitahuan datang, tim langsung bergerak menyusun rundown akreditasi, mulai dari rapat prodi, timing pelengkapan berkas, pembagian tugas, baca ulang borang,  sampai kepada simulasi akreditasi untuk menemukan kekurangan untuk kemudian bisa dilengkapi. Hari ini, tim rapat dari pagi sampai sore untuk pemantapan borang-borang asesmen lapangan. Ada beberapa hal yang dilengkapi dari dokumentasi, video sarpras, kelengkapan data penelitian dosen, dan lain sebagainya. Tim berharap support dari semua pihak agar akreditasi HKI tahun ini berjalan dengan baik dan berkah.

Hendro R (13/9/21)