Jajaki Kerjasama, Universitas Darunnajah Adakan Kunjungan Ke Universitas Saintek Muhammadiyah Jakarta

Universitas Saintek Muhammadiyah

Bagikan:

Universitas Saintek Muhammadiyah – Jakarta, Rabu, 28/09/2022 Universitas Darunnajah sebagai lembaga pendidikan tinggi yang baru membuka fakultas sains dan teknologi informasi dan fakultas bisnis mengadakan benchmarking dan penjajakan kerjasama dengan Universitas Saintek Muhammadiyah Jakarta. Tim Universitas Darunnajah dipimpin wakil rektor I bidang akademik, Muhammad Irfanuddin Kurniawan, M. Ag bersama jajaran yaitu Kaprodi Sistem Teknologi Informasi Ahmad Awaludin, M.Pd, Kaporid Bisnis Digital Rivaldi Nurul Akbar, M.E, Kaprodi HKI Azmi Islami, M.Pd, Puslahta Wildan Syifaudin, SE, dan Sekretaris Rektor Ledi Diniyatullah, S.Kom serta disambut oleh Dr. Edi Sukardi selakuk Ketua BPH USM.

Universitas Darunnajah dan Universitas Saintek Muhammadiyah merupakan dua perguruan tinggi swasta yang sama-sama bertransformasi dari sekolah tinggi ke universitas pada tahun 2022 ini. Kedua universitas berbasikan Islam dengan ciri yang berbeda, dimana Universitas Darunnajah bercirikan pesantren sedangkan Universitas Saintek Muhammadiyah bercirikan persyarikatan Muhammadiyah.

Tantangan bagi universitas yang baru berdiri salah satunya adalah perekrutan mahasiswa baru. Dikatakan oleh rektor saintek Muhammadiyah bahwa baru ada sekitar 15,7% lulusan SMK Muhammadiyah yg melanjutkan ke perguruan tinggi muhammadiyah. Oleh karena itu Universitas Darunnajah yang notabene berbasis pesantren harus bisa merekrut sebanyak-banyaknya calon mahasiswa lulusan pesantren. Universitas harus mempunyai program studi yang menarik dan kekinian tanpa meninggalkan nilai-nilai pesantren.

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang Learning Manajamen Sistem (LMS) yang digunakan, apa kelebihan dan kekurangannya. Adapun kerjasama yang bisa dilaksanakan/dikolaborasikan antara lain: seminar bersama, join penelitian bersama, pengabdian masyarakat dan kolaborasi MBKM. Banyak hal yang didiskusikan dalam pertemuan selama dua jam ini seperti sharing/tukar pandangan tentang proses transisi dan migrasi data, manajemen pembelajaran saat pandemi dan tata kelola sistem sumber daya terintegrasi (SISTER).

Kehadiran perguruan tinggi baru di zaman modern seperti sekarang ini bukanlah sebuah ancaman melainkan mitra untuk saling bekerjasama dan saling bersinergi untuk memajukan pendidikan Islam khususnya dan pendidikan nasional umumnya. Banyak kolaborasi yang bisa dilaksankan antar perguruan tinggi seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) join penelitan dan lain sebagainya.

Satu hal menarik yang dikatakan oleh Dr. Edi Sukardi “Kita bagus dalam semangat bekerja tapi minim kerjasama”. Ungkapan yang memompa semangat bagi pengelola universitas dalam semangat bekerja agar diimbangi dengan kerjasama, berkolaborasi dan bersinergi dengan perguruan tinggi lainnya.

————————————————-
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: univ_darunnajah
Whatsapp: 081222001443, 081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id