Kegiatan Rapat Koordinasi Dosen Semester Pendek

Koordinasi Dosen

Bagikan:

Kegiatan Rapat Koordinasi Dosen Semester Pendek

Jakarta –  Menjelang berlangsungnya perkuliahan semester pendek 2021/2022, tim bag. Akademik Darunnajah mengadakan RAPAT KOORDINASI DOSEN SEMESTER PENDEK 2021/2022 untuk Fakultas Agama Islam pada hari Sabtu 16 Juli 2022.  Perkuliahan Semester Pendek 2021/2022 dimulai sejak tanggal 18 Juli hingga 27 Agustus 2022 secara hybrid.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Bapak Muhammad Irfanudin Kurniawan, M.Ag, menyampaikan kepada peserta rapat bahwa: Pendidikan yang kita terapkan di pesantren dan universitas kita bukan hanya penyampaian materi, tapi pendidikan yang bertumpu pada proses pembelajaran dan pembentukan lingkungan yang berakhlakul Karimah.

Bahwa semester pendek adalah salah satu instrumen yang tidak terpisah dari pembelajaran di perguruan tinggi kita, untuk itu diharapkan kepada seluruh jajaran pengurus agar memberikan pelayanan terbaik bagi segenap mahasiswa yang mengambil perkuliahan semester pendek ini.

Jenjang S1 normalnya 8 semester, namun kenyataannya banyak mahasiswa terkendala tidak bisa selesai tepat waktu karena ada beberapa mata kuliah yang belum mendapat nilai yang maksimal. Semester pendek salah satu upaya meminimalisir permasalahan tersebut, bahkan harapannya dengan semester pendek bisa lulus lebih cepat yaitu 3,5 tahun. Oleh sebab itu seluruh civitas akademika perlu terus menyampaikan pentingnya semester pendek, Sehingga tercipta pembelajaran yang aktif di kalangan mahasiswa.

Kita juga telah membagikan dan mensosialisasikan Pedoman akademik agar tercipta pemahaman mahasiswa tentang mekanisme perkuliahan secara umum Pemahaman mahasiswa terhadap sistem perkuliah menjadi pendorong kelanjutan studi mahasiswa di universitas kita, bahkan terjadi peningkatan pada kuantitas peserta wisuda 2 tahun ini. Semester pendek dilaksanakan pada masa lenggang perkuliahan yaitu mulai juli-september atau sekitar 1,5 bulan.

Maka perlu strategi dari pengelola dan dosen pengampu seperti pemadatan materi dan perkuliahan yang lebih intensif. Mahasiswapun harus mengisi KRS dan pembayaran untuk mengikuti semester pendek ini dan harus mengikuti perkuliahan 75% untuk mengikuti UTS dan UAS.

___
Drs. Tarpin, M.Ag
Perkuliahan semester Pendek ini jangan sampai hanya mengejar/memperbaiki nilai semata, tapi harus memperhatikan kualitas ketercapaian pemahaman mahasiswa akan materi yang diajarkan. Administrasi perkuliahan dari mulai absensi, siakad, dll untuk semester pendek harus disiapkan agar hari senin sudah siap dimulai.

__
Dr. H. Saifullah Kamalie, Lc
5 tahun kedepan sepertinya kita masing menjaring mahasiswa sebanyak-banyaknya, belum bisa menyaring kualitas mahasiswa sebaik-baiknya Kita harus perhatikan kemampuan dasar mahasiswa universitas seperti al-quran dan bahasa arab untuk seluruh prodi di bawah universitas bukan hanya fakultas. Betul, sesuai sistem pendidikan yang kita anut di universitas kita yaitu pendidikan bukan hanya sekedar penyampaian materi dan nilai semata, tapi harus bertumpu pada proses dan hasil pemahaman. Maka, semester pendek ini pun tidak mewajibkan dosen untuk memberikan nilai yang bagus untuk mahasiswa tapi pemahaman mahasiswa. Untuk administrasi semester pendek seperti absensi, siakad, dll akan disiapkan oleh puslahta bekerjasama dengan prodi terkait. Selanjutnya berkaitan dengan menjaring dan menyaring, kita memang masih menjaring walaupun terus berusaha untuk menyaring minimal kemampuan dasar. Diantara usaha kita adalah membangun pusat bahasa yang telah dimulai 2 tahun belakangan ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa mahasiswa juga mengadakan ujian tahsin qiraah quran untuk mahasiswa.