Program PPL bertujuan untuk mengenalkan secara langsung kepada mahasiswa bagaimana keadaan lapangan yang kelak menjadi tempat tugasnya setelah lulus S1

Kontrol dan Evaluasi Kegiatan PPL Dibutuhkan oleh Mahasiswa sebagai Sarana Perbaikan

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

STAI Darunnajah Jakarta  menyelenggarakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada tanggal 11 Oktober-11 November 2021. Para peserta PPL tersebar di 14 kelompok yang berada di 10 sekolah dan institusi.

Program ini bertujuan untuk mengenalkan secara langsung kepada mahasiswa bagaimana keadaan lapangan yang kelak menjadi tempat tugasnya setelah lulus S1.

Selain ini itu, PPL juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan individu mahasiswa baik dalam tugas mengajar ataupun tugas kependidikan lainnya. Dengan demikian mahasiswa akan tahu kamampuannya, kemudian mereka akan meningkatkan jika ada kekurangan.

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada tahun lalu dilaksanakan secara Hybrid (online dan offline) mengingat masa pandemi yang masih belum selesai. Untuk tahun ini, penyelenggaraan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan secara offline dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Meskipun pandemi belum usai, tetapi panitia mencoba untuk mengadakan secara offline dengan memilih sekolah-sekolah yang sudah mendapatkan izin tatap muka. Hal ini dilakukan demi mendapatkan hasil yang maksimal usai progam ini berjalan. Evaluasi tahun lalu menyatakan bahwa PPL Daring masih terdapat banyak kekurangan yang menyebabkan para mahasiswa kurang memahami praktik secara langsung.

Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa anggota PPL, maka perlu diadakan monitoring kegiatan. Monitoring dilakukan oleh dosen-dosen pembimbing dibantu oleh panitia. Kegiatan monitoring ini dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan dan melihat aktivitas peserta PPL. Para dosen melihat dan mengontrol peserta PPL di kelas-kelas, kantor sekretaris, kantor keuangan, perpustakaan, laboratorium, dan tempat-tempat lain yang menjadi tempat tugas para peserta.

Dalam monitoring tersebut, para dosen pembimbing memberikan catatan kepada masing-masing mahasiswa. Setelah selesai mengadakan monitoring, dosen pembimbing memberikan evaluasi dan masukan-masukan guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidangnya dan sebagai bekal agar kelak mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Hendro (13/10/21)