Kuliah umum oleh Dr. Taufik, M. Si : Paradigma Al-Quran tentang Pengembangan Ilmu pengetahuan

Paradigma Al-Quran tentang Pengembangan Ilmu pengetahuan

Bagikan:

Kuliah umum oleh Dr. Taufik, M. Si : Paradigma Al-Quran tentang Pengembangan Ilmu pengetahuan – Semangat mahasiswa STAI Darunnajah Menjelang UTS –
Kuliah Umum Persiapan Ujian Tengah Semester (UTS) Genap

Jakarta, Selasa 19 Maret 2022, STAI Darunnajah Jakarta mengadakan kegiatan Kuliah Umum Persiapan Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Sesuai dengan kalender Akademik STAI Darunnajah Jakrta, bahwa pelaksanaan Ujian Tengah Semester genap akan dilaksanakan pada tanggal 21-26 Maret 2022. Maka diaadakan kegiatan Kuliah Umum Persiapan UTS sebagai sarana untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam menghadapi Ujian Tengah Semester. Kuliah Umum ini mengambil tema tentang Paradigma Al-Quran tentang Ilmu Pengetahuan. dengan pemateri Dosen Prodi Hukum Keluarga Islam Dr. Taufik., M.Si.

Kuliah umum ini dilaksanakan secara online, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa STAI Darunnajah Jakarta. Tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk memberikan semangat belajar dan pengarahan ujian kepada seluruh mahasiswa. Yang meliputi tentang keilmuan, nasehat, arahan dan persyarat-persyaratan dalam mengikuti ujian tengah semester.
Acara kuliah umum ini di pandu oleh pembawa acara dari mahasiswa STAI Darunnajah, yaitu Sechan Azhar mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Semester V1. dan Qari oleh Nur Tiyawati Mahasiswi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Semester II.

Pada acara ini Wakil Ketua STAI Darunnajah, Ust Hendro Risbiyantoro, M.S memberikan sambutan kepada seluruh mahasiswa, untuk semangat dalam belajar dan bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian tengah semester. Sehingga ujian ini bisa dijadikan sebagai evaluasi hasil pembelajaran selama perkuliahan.

Dr. Taufik, M.Si menyampaikan dalam kuliah umum ini point-point tentang pentingnya Al-Quran sebagai sumber ilmu pengetahuan, diantaranya beliau menjelaskan tentang ayat-ayat Al-quran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, sebagai berikut:
Nazhara : Melihat secara abstrak, berpikir dan merenung (QS. Al-Ghasiyah: 17-20)
Tadabbara : Merenungkan sesuatu yang tersurat dan yang tersirat (QS. Muhammad: 24)
Tafakkara : Berpikir secara mendalam (QS. Al-Jatsiyah: 13)
Faqiha : Mengerti dan memahami (QS. At-Taubah: 122)
Tazakkara : Mengingat, memperoleh peringatan, mendapat pelajaran, memperhatikan, dan mempelajari (QS. An- Nahl: 17)
Fahima : Memahami secara mendalam (QS. Al-Anbiya’: 78-79)
‘Aqala : Menggunakan akal atau rasio (QS. Al-Anfal: 22)
Semoga dengan adanya Kuliah Umum ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada mahasiswa untuk menyiapkan diri menghadapi ujian tengah semester. Dan semoga hasil ujian tengah semester yang didapatkan berhasil baik dan memuaskan.