Kunjungan Civitas Akademika STAI Darunnajah Jakarta Ke Perpustakaan Nasional

Bagikan:

18 mahasiswa STAI dan STIE Darunnajah Jakarta melakukan kunjungan ke Perpustakaan Nasional yang berlokasi di jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada hari Jumat, 21 Januari 2022. Acara ini diselenggarakan oleh bagian kemahasiswaan bekerjasama dengan bagian Perpustakaan STAI Darunnajah untuk mewujudkan budaya literasi. Sebelum melakukan kunjungan, pustakawan STAI Darunnajah membuat surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Perpustakaan Nasional sebagai syarat untuk berkunjung dan mendapatkan pemandu yaitu ibu Barnie. Untuk kunjungan rombongan masih dibatasi maksimal 50 Orang.

Sebelum masuk ke gedung perpustakaan, pengunjung harus melewati ruangan yang memiliki layar interaktif dan beberapa koleksi sejarah perpustakaan di Indonesia. Ruangan-ruangan tersebut juga menampilkan perjalanan kepustakaan Indonesia, mulai dari sejarah masuknya literasi di zaman penjajahan, replika asli perpustakaan sepeda keliling, hingga aksara kuno yang menjadi cikal bakal bahasa daerah di Indonesia. Sesampainya di Loby utama Perpustakaan Nasional, rombongan mahasiswa STAI dan STIE Darunnajah menitipkan tas kedalam loker lalu mendaftar keanggotaan di lantai 2 dengan membawa kartu identitas seperti KTP/KITAS dan mencetak nomor antrean. Pembuatan kartu anggota memakan waktu 5 menit untuk menginput data dan melakukan foto.

Rombongan STAI dan STIE Darunnajah diarahkan untuk kelantai 9 yaitu Layanan Koleksi Naskah Nusantara dipandu oleh ibu Barnie untuk menjelaskan informasi mengenai naskah Nusantara, kemudian memberikan koleksi buku secara gratis untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Perpustakaan Nasional dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan pemandu dan pustakawan Perpustakaan Nasional.

Kunjungan dilanjutkan dengan mengelilingi lantai terfavorit dan tertinggi di Perpustakaan Nasional yaitu lantai 24, mahasiswa STAI dan STIE Darunnajah di buat jatuh cinta dengan pemandangan kota Jakarta yang tampak dari area teras untuk berfoto dan mengagumi pemandangan Jakarta, pengunjung bisa membaca sambil merasakan hembusan angin dari ketinggian.

Masih banyak lantai yang perlu disinggahi ketika berkunjung ke Perpustakaan Nasional ini. Mahasiswa sangat antusias mengunjungi Perpustakaan Nasional dan berharap kegiatan kunjungan ini dapat dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi. Pustakawan STAI Darunnajah juga berharap agar kegiatan kunjungan  ini bisa terus berjalan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam melakukan observasi secara langsung.