“Mari mengabdi sambil memberi arti.”

Mahasiswa Semester 7 STAIDA Lakukan Persiapan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Oleh : Safira Mutiara Rosadi/ Mahasiswi STAIDA

Jum’at, 8 Oktober 2021 M/2 Rabi’ul awal 1443 H

Agenda pembekalan Praktik pengalaman lapangan (PPL) telah terlaksana di Aula kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA) Jakarta pada Jum’at, 8 Oktober 2021 yang dimulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Agenda ini dihadiri oleh Pengelola STAIDA yang menjadi panitia dan seluruh mahasiswa semester 7 yang datang dari wilayah Jakarta, Pamulang, Bogor, dan Serang.

Mahasiswi peserta PPL berfoto dengan panitia PPL

Mahasiswa yang bertugas pada agenda ini yaitu Maulidya Benita Putri mahasiswa semester 7 STAIDA prodi MPI selaku MC, Nurul Huda mahasiswa semester 7 STAIDA prodi MPI selaku pembaca ayat suci Al-quran.

Lalu acara dilanjutkan dengan penyampaian amanat, pesan-pesan etika , dan misi dalam PPL yang disampaikan oleh Ketua STAIDA, Al-Ustadzah Duna Izfanna, M.Ed., Psy., Ph.D. Beliau menyampaikan pesan dan arahannya kepada mahasiswa dengan sangat inspiratif.

Beliau menyampaikan pesan kepada para mahasiswa bahwa PPL ini adalah ajang pengembangan diri mahasiswa yang akan memberikan dampak positif dan sangat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu,  beliau juga menyampaikan materinya tentang “Only Exposure” dan berpesan bahwa hal yang paling penting dalam PPL adalah prakarsa (kreativitas), tanggung jawab, dan peran.

Setelah penyampaian pesan dan arahannya, selanjutnya adalah penyampaian Teknis kegiatan PPL HKI yang disampaikan oleh Al-Ustaz Dr. Taufik, M.Si, Teknis kegiatan PPL MPI yang disampaikan oleh Al-Ustaz Matnur Ritonga, M.Pd, dan Teknis kegiatan PPL PIAUD yang disampaikan oleh Al-Ustazah Sri Nurlaily, M.Pd.

Di akhir acara adalah penutup dan doa yang disampaikan oleh Al-Ustadz M. Irfanudin Kurniawan, M.Ag. Dan sebelum menutup agenda, beliau sempat mengingatkan kembali kepada mahasiswa, bahwa visi pendidikan STAIDA yaitu perpaduan antara ilmu dan amal.

Sekilas tentang PPL

Menurut tim penyusun buku panduan PPL Program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAIDA, Praktik pengalaman lapangan merupakan salah satu kegiatan kurikuler dari seluruh program Pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa di prodi keguruan.

Maka PPL dapat diartikan sebagai suatu program yang mempersyaratkan kemampuan aplikasi dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya kedalam program pelatihan berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa PPL adalah rangkaian kegiatan yang diadopsi oleh sebuah perguruan tinggi termasuk STAIDA untuk mengasah atau melatih skill atau kemampuan mahasiswa dalam pengalamannya di lapangan.

Bisa dikatakan juga PPL adalah bentuk pengaplikasian teori yang dipelajari oleh mahasiswa selama 3 tahun belajar di bangku perguruan tinggi, agar terjadi sebuah sinkronisasi antara ilmu dan amalnya, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Wakil Ketua 1 bidang Akademik STAIDA, Al-Ustadz. M. Irfanudin Kurniawan, M.Ag.

Ustadz Irfan menegaskan bahwa salah visi dari pendidikan STAIDA yaitu menyelaraskan ilmu dan amal. Karena ilmu dan amal memiliki hubungan yang sangat harmonis. Ilmu akan mempunyai nilai atau makna jika diiringi dengan amal.

Begitupun dengan amal, amal akan mempunyai nilai jika dilandasi dengan ilmu, dari sinilah bisa kita lihat dengan jelas tentang harmonisasi ilmu dan amal tersebut. Keduanya tidak dapat dipisahkan dalam prilaku manusia.

Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa STAIDA 2021

Lalu, kenapa PPL harus dilaksanakan oleh semester 7 dan bukan semester 1-5?

PPL dilaksanakan oleh semester 7, karena ketika seorang mahasiswa telah berada di puncak akhir semester, sudah dipastikan bahwa mahasiwa tersebut telah mempelajari banyak teori dan sudah mendapatkan ilmu yang sudah mampu dipercaya.

Jika seseorang yang memiliki banyak ilmu, maka ia wajib untuk mengamalkannya agar ilmu tersebut senantiasa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Ibarat sebuah teko yang sudah terisi penuh, iya butuh gelas-gelas kosong untuk menuangkan airnya, agar isi teko senantiasa bisa diperbaharui.

Begitupun dengan ilmu yang kita miliki, kita pun perlu meng-upgrade keilmuan kita agar senantiasa berkembang. Jadi, dengan adanya PPL ini, diharapkan kepada mahasiswa untuk bisa mengaplikaskan keilmuannya melalui amal atau Praktik di real life, lingkungan nyata.

Mari menilik kembali ke buku panduan PPL STAIDA, bahwa PPL ditujukan untuk pembentukan guru dan tenaga kependidikan yang professional melalui kegiatan pelatihan di sekolah mitra.

Dengan adanya pembekalan ini, maka Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa semester 7 STAIDA resmi dibuka. PPL akan dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai pada hari senin, 11 oktober 2021 s/d 08 november 2021.

Adapun tempat pelaksanaan PPL sebagaimana yang telah ditentukan yaitu:

  1. MTs Al-Ikhwaniyah Pondok Aren
  2. MTs Darunnajah Ulujami
  3. MA Darunnajah Ulujami
  4. SMA Al-Quraniyah Pondok Aren
  5. TMI Ula Annur Darunnajah 8 Cidokom
  6. TMI Wustho Annur Darunnajah 8 Cidokom
  7. MTs Al-Mansur Darunnajah 3 Serang
  8. SMP Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang

    Mahasiswi Semester 7 STAIDA berfoto dengan panitia PPL

“Mari mengabdi sambil memberi arti.”

Editor: Zulkifli RF