MAHASISWA UNIVERSITAS DARUNNAJAH BERPARTISIPASI DALAM PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH DAN PENGEMBANGAN KARIR MAHASISWA

Bagikan:

MAHASISWA UNIVERSITAS DARUNNAJAH BERPARTISIPASI DALAM PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH DAN PENGEMBANGAN KARIR MAHASISWA

Hari Senin, 8 Agustus 2022 empat mahasiswa Universitas Darunnajah mengikuti pelatihan penulisan karya ilmiah dan pengembangan karir mahasiswa yang diadakan Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (KOPERTAIS 1) wilayah Jakarta dan Banten. Webinar ini menghadirkan Sekretaris Kopertais 1 Jakarta yaitu Al-Ustadz Dr. H. Supriyadi Ahmad, M. A. dan anggota kopertais Jakarta lainnya, dan dihadiri oleh beberapa Mahasiswa/I Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta Jakarta. Selain itu acara webinar ini mengundang 2 narasumber yaitu Ibu Past Novel Larasaty (Wakil Rektor LSPR) dan Teddy Budiwan (President Indonesia Career Center Network-ICCN). Selama acara webinar berlangsung dipandu oleh Bapak sekretaris kopertais dan anggota kopertais.

Acara webinar ini terdiri dari 2 sesi, sesi pertama pukul 09.30-12.10 dengan narasumber Past Novel Larasaty yang menyajikan materi terkait Skripsi dan sesi kedua pukul 13.00-15.15 dengan narasumber Teddy Budiwan yang menyajikan tentang mengetahui prospek kerja melalui pengenalan diri sendiri. Pada sesi pertama yaitu pukul 09.30 diawali dengan adanya sambutan oleh bapak sekretaris kopertais yaitu Al-Ustadz Dr. H. Supriyadi Ahmad, M. A yang menjelaskan tetang kopertais PTKIS, yaitu : Mahasiswa bukan hanya dituntut untuk menulis skripsi, akan tetapi mahasiswa juga diminta untuk cakap dalam menulis sebuah jurnal. Penulisan Karya Ilmiah dan Pengembangan Karir Mahasiswa PTKIS (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta) Kopertais (Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta). Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk Pembinaan Kopertais terhadap PTKIS, yang di antara lain mengadakan;
a) Penulisan dasar PTKIS dalam penulisan karya ilmiah di jurnal
b) Pelatihan bahasa inggris bagi dosen yang akan mengikuti tes serdos
c) Pelatihan pengembangan karir bagi mahasiswa PTKIS
d) Pelatihan Penyusunan kepangkatan akademik/jabatan funfsional dosen PTKIS
e) Pemberian rekomendasi pembukaan PTKIS baru
f) Pemberian rekomendasi pembukaan program studi baru PTKIS
g) Pemberian rekomendasi bantuan beasiswa KIP kuliah kepada mahasiswa PTKIS
h) Pemberian rekomendasi bantuan sarana prasarana kepada PTKIS
i) Pemberian surat keterangan inpassing bagi dosen PTKIS
j) Pemberian Sk Jabatan fungsional/kepangkatan akademik bagi dosen PTKIS
k) Bantuan Proses penerbitan ijazah mhs PTKIS berupa blangko ijazah dan proses legalisasinya (sebelum penggunaan PIN).

Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait skripsi oleh Ibu Past Novel Larasaty, beliau menjelaskan bahwa skripsi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program Sarjana (S1) Pendidikan. Skripsi bersifat ilmiah, karya tulis, metodologi, permasalahan, pembahasan, logis, sistematis dan teori. Selain itu ibu Past Novel Larasaty juga memaparkan bagaimana caranya agar kita dapat membuat skripsi dengan baik dan benar, yaitu dengan 3 cara yaitu : a) Passion dan interest (adanya kemauan dan ketertarikan dari seorang mahasiswa untuk meneliti), b) Trending topic (mencari tahu tentang topik yang sedang booming pada masa sekarang, banyak membaca), serta c) Out of the box (bagaimana kita dapat berpikir dari sudut pandang yang lain sehingga berbeda dengan kebanyakan orang).

Kemudian beliau menyampaikan bagaimana cara kita memperoleh sumber inspirasi dalam menulis skripsi/ penelitian, yaitu dengan cara melihat fakta dan fenomena yang terjadi, sejarah dan momentum, inovasi dan novelty serta adanya hobi dan trend. Terdapat pula “Time Management Tips” yang diberikan oleh ibu past novel dalam menulis skripsi/ penelitian, yaitu ; 1) keep your time in check, 2) take breaks between, 3) plan in advance, 4) set correct goals, 5) organize your tasks, 6) avoid multitasking, 7) medicate and exercise. Beliau juga memaparkan terkait bagaimana cara memperoleh referensi yang bagus, yaitu dengan adanya buku, majalah, e-book yang memiliki cetakan terbaru. Dan kalimat terakhir yang beliau sampaikan kepada para pejuang skripsi adalah : dikerjakan, buat deadline harian, komitmen, dan disiplin serta ibadah wajib dan sunnah yang harus terus dikerjakan.

Untuk sesi kedua dengan narasumber Teddy Budiwan dengan tema “Meniti karir selangkah demi selangkah”. Beliau memaparkan bagaimana cara diri seseorang dapat bekerja dengan baik adalah dengan mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam mencari pekerjaan. Yaitu :
1) Mengenal diri : a) Attribute b) Skill c) Knowledge d) Personality e) Attitude
2) Mengenal pilihan : a) Industry b) Profesi pekerjaan c) Diluar jurusan
3) Membuat rencana : a) Magang b) Freelance c) Incubator d) Bootcamp
4) Mencoba

Menurut beliau, apabila kita sudah mengenal diri kita lebih dalam maka kita tidak akan terlalu sulit dalam menemukan pekerjaan yang kita mau, kita butuhkan dan terdapat passion kita didalamnya. Maka dari itu, penting sekali bagi kita yang ingin mencari/ memperoleh pekerjaan dengan cara mengenali diri sendiri terlebih dahulu, dengan beberapa cara yaitu : melalui renungan, melalui orang lain (orang terdekat yang mengenal diri kita), melalui instrument (dengan bertanya kepada sekeliling kita). Selain itu, kita juga dapat mengenali diri (kepribadian) diri kita dengan mengisi beberapa pertanyaan yang ada pada link: https://www.16personalities.com/free-personality-test . Link tersebut memberikan beberapa soal yang berkaitan dengan kepribadian, kemudian sampai pada waktu soal terakhir kita akan memperoleh tipe diri kita dan terdapat penjelasan didalamnya. Semoga dengan pelatihan ini para mahasiswa lebih dapat mengembangkan potensi dan kompetensi diri, baik dalam membuat karya ilmiah maupun dalam merencanakan karir di masa depan.

Penulis: Desmaniar Risma Putri (Mahasiswi semester 7)

 

______________________________

Website : www.darunnajah.ac.id
Pendaftaran : www.darunnajah.ac.id/pmb/
Whatsapp : 0812-2200-1443
Instagram : @univ.darunnajah
Facebook : Universitas Darunnajah Jakarta