PBAK Jilid II, Makin Seru Nih, Intip Yuk!

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta, 11 September 2021

STAI Darunnajah Jakarta melalui bagian kemahasiswaan telah selesai melaksanakan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) jilid I secara online pada tanggal 2-3 September lalu. Pada PBAK jilid I, seluruh mahasiswa yang tinggal di asrama maupun yang di rumah, mengikuti secara online via aplikasi zoom. Acara dibuka langsung oleh Pimpinan pesantren Darunnajah DR. KH. Sofwan Manaf, M.Si. dan ketua STAI Darunnajah Jakarta Ustadzah Duna Izfanna, M.Ed, Psy, Ph.D. Seluruh unsur pimpinan dari wakil ketua dan para ketua prodi  juga turut meramaikan pembukaan PBAK Jilid I secara daring. Di awal, pimpinan pesantren Darunnajah menyampaikan materi motivasi kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti perkuliahan dengan baik. Perkuliahan juga termasuk kegiatan wajib bagi mahasiswa yang turut mengabdi di dalam pesantren Darunnajah. Ketua STAI Darunnajah sendiri menyampaikan banyak poin penting terkait STAI Darunnajah pada umumnya dan perkuliahan. Acara hari pertama itu disusul oleh pemaparan dari wakil ketua I bidang akademik.

Di hari kedua, wakil ketua 2 bidang kemahasiswaan, ust. H. Hendro Risbiyantoro, M.S. menyampaikan materinya terkait kegiatan kemahasiswaan dan kerjasama dan disusul oleh semua ketua prodi. Para ketua prodi menyampaikan materi keprodiannya, mereka adalah ust. Dr. Taufiq selaku ketua prodi HKI, usth. Dr. Sri Nur Laily selaku ketua Prodi PIAUD, dan ust Matnur Ritonga, M.Pd. selaku ketua prodi MPI. Dua hari berturut-turut dilakukan secara online dan untuk seluruh mahasiswa STAI Darunnajah, baik yang tinggal di asrama maupun yang tinggal di luar asrama.

Di hari terakhir, PBAK jilid 2, ada banyak kegiatan yang sangat seru bagi mahasiswa baru. Acara PBAK Jilid II sengaja diadakan secara offline dan terbatas pada hari Jum’at, 10 September 2021. Ini hanya untuk mahasiswa/I yang tinggal di asrama dan seluruhnya telah divaksin. Acara juga diadakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dalam PBAK Jilid kedua, panitia membagi para mahasiwa dalam beberapa kelompok. Mereka juga diberikan tantangan seperti wide game dan outbound. Di antara permainan dan perlombaan yang harus diikuti oleh mahasiswa baru di antaranya senam antar kelompok, membuat yel-yel, lomba menyanyi, pecah air, tabor tepung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Wide game tersebut bertujuan untuk mempererat ukhuwwah antar mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk perkenalan antara satu mahasiswa dengan yang lainnya.

Di penutupan, kegiatan yang seru dan menarik juga masih sangat banyak. Terlihat dari antusias dan senyum para mahasiswa yang menghiasi dan turut meramaikan acara.  Banyak penampilan dari para mahasiswa baru yang disajikan di sini. Diawali dari sambutan wakil ketua II bidang kemahasisswaan dan kerjasama, Ust H. Hendro Risbiyantoro, M.S. acara berlanjut ke penampilan-penampilan. Beberapa penampilan dari para mahasiswa adalah penampilan musik, joged campur sari, senam, beladiri, musik ketipung, dan lain-lain. Di penghujung acara, ada pembagian hadiah bagi para pemenang lomba. Acara sangat meriah dan sukses digelar.

Hendro R (11/9/21)