Pedoman Akademik dan Urgensinya bagi Mahasiswa STAI Darunnajah

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Selasa, 31 Agustus 2021

Pedoman akademik adalah sebuah buku yang di dalamnya terdapat petunjuk teknis tentang penyelenggaraan pendidikan di tingkat perguruan Tinggi. Sebagaimana perguruan tinggi pada umumnya, STAI Darunnajah Jakarta juga mempunyai buku pedoman akademik yang sudah disesuaikan dengan lingkungan kampus STAIDA. Dalam perjalanannya, buku pedoman akademik akan mengalami revisi dalam kurun waktu tertentu untuk bisa menyesuaikan dengan hal baru yang ada.

Buku pedoman akademik sangat penting untuk dipahami oleh seluruh civitas akademika kampus, termasuk di dalamnya adalah seluruh mahasiswa dan dosen. Mengapa demikian? Karena di dalam buku pedoman akademik mencakup beberapa hal penting yang tidak boleh dilanggar atau diabaikan oleh mereka, di antaranya isinya adalah  visi, misi, kebijakan mutu dan sasaran mutu perguruan tinggi, struktur organisasi perguruan tinggi, informasi herregistrasi, informasi pelaksanaan pendidikan, informasi layanan perguruan tinggi, dan lain sebagainya. Wajib hukumnya bagi mahasiswa dan dosen untuk memahami buku pedoman ini.

Buku Pedoman akademik STAI Darunnajah disusun untuk dapat dijadikan acuan dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar karena hal tersebut menjadi aktivitas paling dominan di lingkungan institusi pendidikan. STAI Darunnajah Jakarta telah mengarahkan proses belajar mengajar ke arah pemenuhan prinsip-prinsip pokok penataan pendidikan tinggi di Indonesia yang sebagian poin-poinnya telah dituangkan ke dalam Buku Pedoman tersebut. Buku ini disusun dengan melibatkan semua unsur yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan belajar.

Hendro Risbiyantoro (31-8-2021)