Pesantren Mahasiswa, Warna Baru Perguruan Tinggi Darunnajah

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta, 15 September 2021

Yayasan Darunnajah melalui institusi perguruan tingginya resmi membuka pesantren mahasiswa (Pesma). Pesantren mahasiswa resmi berdiri pada hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021. Dibukanya pesantren mahasiswa ditandai dengan peresmian gedung Al-Azhar di Darunnajah 14 dan dikukuhkan 23 mahasiswa dan mahasiswi perdana pesantren mahasiswa perguruan tinggi Darunnajah saat acara Khutbatul Arsy.

23 Mahasiswa dan mahasiswi semangat menyambut peresmian Pesma. Mereka mengucap janji setia untuk menjaga nama baik perguruan tinggi dan siap memajukan institusi. Dalam momen itu D.R. KH. Sofwan Manaf M.Si. turut menyampaikan pesan untuk para mahasiswa dan mahasiswi perdana Pesma. “Ini adalah sejarah, sejarah yang mewarnai perjalanan Darunnajah. 16 orang mahasiswa dan 7 orang mahasiswi menjadi yang perdana dalam berjuang di pesma Darunnajah. Dulu, pesantren Darunnajah dimulai dari 3 orang santri, dan sekarang sudah ada 13.000 santri pusat dan cabang. Maka insyallah 10 tahun yang akan datang, mahasiswa Pesma Darunnajah akan menjadi 130.000”, demikian ucap beliau dalam kesempatan tersebut yang disambut oleh tepuk tangan dan takbir dari semua hadirin yang datang.

Pesantren Mahasiswa (Pesma) Darunnajah diharapkan akan menjadi pusat studi Islam dan muara bagi para pejuang di Darunnajah. Para mahasiswa perdana Pesma akan dibekali dengan berbagai macam program, mulai dari kajian kitab kuning, pendalaman materi bahasa Arab, pengabdian kepada masyarakat (PKM), dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga akan mengikuti program regular perkuliahan pagi sampai siang. Ada program khusus yang sangat diharapkan oleh para mahasiswa sejak dulu, yaitu program menghafal Al-qur’an (Tahfidz). Dengan kegiatan yang sangat edukatif tersebut, mereka diharapkan mampu menjawab tantangan-tantangan di masyarakat dan permasalahan masa kini.

Di akhir sambutan, Kyai Sofwan menambahkan pesan bagi para mahasiswa perdana Pesma. “Kalian merupakan bagian dari sejarah  Darunnajah. Kalian akan menjadi mahasiswa pesantren universitas Darunnajah. Insyaallah Universitas ini tidak lama lagi akan berdiri, semua rekomendasi telah dikantongi. Maka bersungguh-sungguhlah kalian dalam belajar dan berjuang di ladang perjuangan ini”. Begitulah ucap beliau di akhir sambutan.  Beliau juga sangat optimis dengan pergerakan tim dalam mewujudkan universitas Darunnajah.

 

Hendro. R (15/9/21)