Selama dua hari ini, kami membantu tugas-tugas TU MTs. seperti mengisi Survei Pendidikan, mendata kelengkapan NISN siswa, mendata ijazah siswa, dan sebagainya

Peserta PPL Kelompok 3 Belajar Menggali Manajemen dan Pekerjaan Tata Usaha MTs. Darunnajah

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta, 14 Oktober 2021

Hari ini, Kamis 14 Oktober seluruh anggota Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) kelompok 3 memasuki kantor tempat magang sesuai jadwal.  Saat ini kami baru memasuki minggu pertama  dalam mengikuti kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Selama kurang lebih 1 bulan ke depan, kami akan mengikuti kegiatan tersebut. Adapun dua hari ini kami  mengadakan praktek di kantor Tata Usaha MTs Darunnajah Jakarta untuk menggali Manajemen dan pekerjaan yang ada di Tata Usaha MTs Darunnajah ini.

Memang tak semudah yang kita pikirkan untuk menggali manajemen dan pekerjaan Tata Usaha Sekolah. Karena hal ini menyangkut urusan “dapur dalam” sekolah. Akan tetapi dengan pendekatan kepada para stafnya, berhasil kami menggali manajemen maupun pekerjaannya sehari-hari di kantor.

Kegiatan PPL Mahasiswa STAIDA Jakarta

Seberapa Pentingkah Peran Tata Usaha di sekolah?

Tata Usaha adalah penyelenggaraan suatu kegiatan administrasi, yakni urusan tulis-menulis (termasuk hal keuangan dan sebagainya) dalam sebuah organisasi maupun sekolah.

Tata Usaha merupakan suatu bagian dari sekolah yang bertugas melayani administrasi sekolah. Baik itu administrasi siswa, guru maupun sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Dan berfungsi sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar agar lancar sesuai apa yang telah direncanakan dan tercapai seperti apa yang diinginkan.

Pada intinya adalah menfasilitasi tercapainya tujuan pendidikan di Sekolah. Jadi, semua staf TU akan bersinergi untuk melayani siswa, guru, maupun Kepala Sekolah. TU merupakan jantung pergerakan di sekolah. Maka dari itu, Tugas dan Fungsi TU sangat penting dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Bagaimana Struktur Tata Usaha Sekolah?

Adapun Struktur Personalia Tata Usaha MTs. Darunnajah terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala TU, dan para Staf yang bertugas membantu menginput data-data siswa maupun guru.

Apa saja permasalahan yang sering dihadapi?

Permasalahan-permasalahan Tata Usaha MTs. Darunnajah ada berbagai faktor. Baik itu Internal maupun Eksternal. Faktor Internal nya termasuk staf-staf baru sehingga perlu adanya arahan dan pembinaan dalam melakukan sebuah pekerjaan sebagai staf TU. Adapun Faktor Eksternal nya termasuk desakan wali murid yang ingin mengambil ijazah anaknya, adanya pendataan dari KEMENAG yang mendadak dan sebagainya.

Apa saja yang kami lakukan selama melaksanakan kegiatan PPL di Kantor TU MTs. Darunnajah?

Selama dua hari ini, kami membantu tugas-tugas TU MTs. seperti mengisi Survei Pendidikan, mendata kelengkapan NISN siswa, mendata ijazah siswa, dan sebagainya.

Mungkin itulah hasil dari Observasi dan PPL kami sebagai kelompok 3 di kantor TU. MTs Darunnajah. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Penulis: Kelompok 3 PPL 2021
Hilmi Rifa’i
Nadia Tsalitsa
Noormala M
Rizky Suryani
Nurul Huda