PIAUD Adakan Seminar “Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Neurosains dan Nilai-nilai Aqidah dalam Optimalisasi Kerja Otak”

PENDEKATAN HOLISTIK INTEGRATIF

Bagikan:

MERIAHKAN FESTIVAL PIAUD DENGAN SEMINAR
“PENDEKATAN HOLISTIK INTEGRATIF BERBASIS NEUROSAINS DAN NILAI-NILAI AQIDAH DALAM OPTIMALISASI KERJA OTAK”

Sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam mendesiminasikan ilmu kepada masyarakat, Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA), Jakarta pada tanggal 28 Mei 2022 menyelenggarakan seminar dengan tema “pendelatan holistic integratif berbasis neurosains dan nilai-nilai aqidah dalam optimalisasi kerja otak”. Seminar tersebut disampaikan oleh Ibu Dr. Sri Nurlaily M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan dihadiri oleh Dosen, Mahasiswa/Mahasiswi PIAUD, Guru TK/RA?PAUD, serta orang tua.

Dalam seminar ini, ibu Dr Sri Nurlaily M.Pd menyampaikan peran penting orang tua, guru dan juga pengasuh dalam membimbing anak usia dini untuk menanamkan nilai-nilai aqidah dan ibadah menjadi dasar dan penentu bagi kelangsungan kehidupan selanjutnya. Karena itu masalah ini menjadi suatu yang sangat penting untuk dikaji dan diteliti keberadaannya di tengah masyarakat.Karena tidak semua orang tua,guru maupun pengasuh mampu menanamkan nilai-nilai aqidah dan ibadah kepada anak usia dini terutama bagi orang tua karena bagaimanapun juga orang tua adalah adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya.
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Ar Ra’du ayat 28 :
الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ
Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

Di samping acara seminar, mahasiswi PIAUD juga mengadakan lomba-lomba diantaranya lomba menghafal surah pendek, menghafal Doa-doa harian, dan lomba mewarnai. Dengan diadakannya lomba ini diharapkan anak-anak dapat meningkatkan kerja otak masing-masing dan meningkatkan kreatifitas anak dalam berfikir. alhamdulillah selama lomba berlangsung seluruh peserta terlihat semangat, berani, dan ceria.
Begitu juga dengan hafalan surah-surah pendek anak usia dini sangatlah membawa dampak postif bagi anak dan orang tua, serta untuk memberikan pemaparan amal pada anak agar dia mengenal Al-Qur’an, tujuan lomba ini untuk menciptakan hafidz dan hafidzah cilik serta menciptakan generasi yang berakhlakul karimah insya Allah.
Sebagaimana hadist yang berbunyi:
عَن مُعَاذِنِ الجُهَنِيِ رَضَي اللٌهُ عَنَهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلَي اللٌهَ عَلَيهِ وَسَلَمَ مَنَ قَرَأ القُرانَ وَعَمِلَ بِمَافِيهِ اُلُبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَومَ القَيِامَةِ ضَووُهَ اَحسَنُ مِنُ ضَوءِ الشٌمسِ فيِ بُيُوُتِ الدٌنَيا فَمَا ظَنٌكُم بِالَذِيُ عَمِلَ بِهذَا (رواه احمد وابو داوود ووصححه الحاكم)
Dari Mu’adz Al-Juharni RA, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari Kiamat yang cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari seandainya berada di rumah-rumah kalian di dunia ini. Maka bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya?” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)
Tujuan Acara ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan guru,orang tua dalam mendidik,mengasuh dan mengayoumi anak dengan baik, dan dengan lomba-lomba anak dapat meningkatan kreatif,aktif dan inofatif yang ada dalam diri mereka dan tidak itu saja dalam acara ini pula kita dapat bersilahturahmi dengan sekolah-sekolah TK,RA,PAUD yang ada di daerah ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

Terimakasih kepada seluruh jajaran Dosen, panitia,peserta seminar,peserta lomba, guru-guru TK,RA,PAUD serta Wali murid yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan acara seminar. Semangat, semoga kita selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani. Salam sehat dan salam sejahtera buat kita semua, Hidup Mahasiswa ! Alhamdulillah Allahu Akbar.

Dwi Andesta Putri
Mahasiswi PIAUD semester 4
Pesantren Mahasiswa