Rapat Kerja STAI Darunnajah Hari Kedua Fokus pada Sidang Komisi dan Pleno

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

26 Agustus 2021

Rapat Kerja (Raker) STAI Darunnajah Jakarta resmi digelar kemarin, Rabu 25 Agustus 2021. Acara dibuka oleh Ibu Ketua Al-ustadzah Duna Izfanna, Ph.D. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pengelola Kampus.  Rapat tahunan ini rutin digelar untuk mengadakan evaluasi program dan untuk menyusun kegiatan selama satu tahun ke depan. Biasanya, raker diadakan di luar kampus, seperti di Villa Darunnajah atau tempat lain dengan tujuan untuk mencari suasana baru demi menghadirkan ide-ide baru. Namun tahun ini acara diadakan di aula kampus karena pandemi yang masih melanda.

Ada yang baru dalam rapat kerja pengelola tahun ini. Evaluasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) menjadi program baru. Sebelumnya, bagian Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STAIDA telah menghimpun semua evaluasi yang disampaikan oleh asesor BAN-PT dalam akreditasi institusi dua bulan lalu. Evaluasi AIPT sangat membantu pengelola untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang dan membantu menciptakan ide-ide baru dalam mengadakan kegiatan. Agenda evaluasi dipimpin langsung oleh ketua LPM Drs. Tarpin, J.M., M.Ag. Beliau membacakan satu-satu evaluasi setiap bagian, kemudian setiap bagian membuat rencana-rencana perbaikan yang dituangkan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT).

Adapun hari kedua raker, Kamis 26 Agustus 2021 para pengelola fokus dalam sidang komisi. Sidang komisi ini dibagi menjadi 3, komisi 1, komisi 2, dan komisi 3. Komisi 1 dipimping langsung oleh Ketua STAI Darunnajah Jakarta Al-Ustadzah Duna Izfanna, Ph.D. Beberapa bagian yang masuk dalam komisi satu di antaranya Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), dan Tata Usaha Bidang Umum dan Keuangan.

Komisi dua dimpimpin oleh Wakil Ketua 2 Al-Ustadz Irfanudin Kurniawan, M.Ag. Bagian-bagian yang masuk ke dalam komisi ini adalah Semua Prodi, Akademik, dan Pusat Pengolahan Data (Puslahta). Komisi dua menggelar sidang di ruang perpustakan lantai 4 gedung utama STAI Darunnajah.

Terakhir komisi tiga yang dipimpin oleh Wakil Ketua 2 Al-Ustadz H. Hendro Risbiyantoro, M.S. Bagian-bagian yang tergabung ke dalam komisi ini ini adalah kerjasama, kemahasiswaan, penerimaan mahasiswa baru (PMB), perpustakaan, dan sarana prasarana (sarpras). Lokasi sidang berada di Laboratorium Syariah lantai 4 gedung utama kampus.

Setelah sidang komisi tiap bagian selesai, akan diadakan sidang pleno. Dalam sidang pleno akan dibahas semua kegiatan yang diajukan semua bagian. Di situ juga akan dilihat anggaran satu persatu untuk disahkan. Dengan RKAT yang disahkan dalam sidang pleno, diharapkan semua kegiatan selama satu tahun ke depan akan berjalan dengan baik. Hal ini dilakukan juga dalam rangka untuk memperkuat semua lini untuk menuju Universitas Darunnajah.

Hendro Ribiyantoro (26-8-2021)