Rumus 4 huruf, Pondasi Sebuah Pesantren

Bagikan:

rumus 4 angkaRumus 4 huruf ini merupakan intensitas dari aktvitas yang akan dilaksakan oleh semua anak adam. Bila rumus 4 huruf ini masih tetap, artinya tidak kurang dan tidak lebih, maka rumus 4 huruf ini akan membawakan kepada kita,  keselamatan dari Api Neraka . syaikhon/al Imam Nawawi telah meriwayatkan dari sahabat mulya Umar bin khattab tentang rumus 4 huruf ini.

Pengarang kitab Riadhussholihin dan Arbain Nawawi membahas ilmu ini pada bab paling pertama, karena ilmu ini sangat penting untuk dibahas guna untuk selalu ingat bahwa kegiatan serta aktivitas tanpa rumus 4 huruf ini tidak akan mendatangkan keberkahan dan kehikmahan melainkan hanya mendatangkan kesombongan dan kerusakan hati . Karena ilmu ini sangat penting, Imam Nawawi  pula menulis tentang rumus 4 huruf ini yang terhimpun dalam satu kitab, hanya membahas satu hadist tentang rumsu 4 huruf ini.

Al Imam Muslim meriwayatkan dari shahabat Abu Hurairoh RA (No.1905),tentang tiga orang yang salah dalam peletakan rumus 4 huruf ini, sehingga ketiga orang tersebut tidak mendapatkan apa-apa, melainkan hanya mendapatkan murkanya Allah. padahal ketiga orang tersebut melakukan Jihad, pengamalan ilmu serta bershodaqoh.

Tentu kita tau,  nilai Jihad, pengamalan ilmu sdan bershodaqoh merupakan pahala yang besar, akan tetapi pahala besar ini akan meleleh percuma tanpa kebenaran rumus 4 Huruf. Rumus 4 Huruf ini, tidak lain  adalah “NIAT”.

Dalam sebuah pesantren tentu kita tau unsur-unsurnya, dimana unsur-unsur pesantren tersebut adalah Kyai, para Santri dan para Ustd yang membantu kelancaran pesantren itu sendiri. Membangun pesantren tentunya sangatlah mulia, namun di balik kemulyaan itu juga banyak  resiko dan permasalahan yang ada pada pesantren itu sendiri. baik itu permasalahan antar santri, antar Guru/Ustd dan bahkan tidak dapat dipungkiri dari keluarga pesantren itu sendiri (internal) atau juga permasalahan yang datang dari luar (eksternal). Maka dari itu, NIAT harus diperkuat dengan baik dan benar, karena NIAT nantinya akan mendatangkan kesabaran dan ketabahan sehingga bila ini semua terbentuk, maka sebanyak apapun permasalahan yang ada di hadapi dengan ikhlas serta akan membuahkan langgengnya sebuah pesantren.

semoga bermanfaat…aaaminn