Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Offline Pacu Semangat Belajar Mahasiswa

Bagikan:

STAIDA Online-Setelah sukses menggelar kuliah umum menjelang Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil pada jum’at (22/10) pada pekan akhir bulan oktober ini Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah menyelenggarakan Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil untuk tahun akademik 2021/2022.

Mahasiswa STAIDA sedang melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil 2021/2022

Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil ini dimulai dari hari senin-sabtu 25-30 Oktober 2021 sesuai dengan kalender akademik yang telah dikeluarkan oleh STAIDA.

UTS Ganjil pada tahun ini berbeda dengan sebelumnya yang dilakukan secara daring (online) karena pandemi. Pasalnya, pada UTS ini STAIDA mulai melaksanakannya secara offline dengan protokol kesehatan yang dilakukan secara ketat.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Jakarta, Ustadzah Duna Izfanna, M.Ed., Psy., Ph.D., menyampaikan dalam forum rapat dosen STAIDA bahwa UTS Ganjil yang dilaksanakan pada tahun akademik ini akan dilakukan secara offline namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk jadwal UTS ini menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan di kelas dan program studi masing-masing sehingga diharapkan setiap dosen pengampu bisa menjadi pengawas ujiannya di masing-masing kelas.

Setiap harinya ujian dimulai pada pukul 07.30 WIB untuk jam ke-1 sampai dengan pukul 12.00 untuk jam ke-3 bagi kelas pagi. Dan untuk kelas sore dimulai pukul 15.00 WIB untuk jam ke-1 sampai pukul 20.00 untuk jam ke-3 dengan durasi masing-masing mata kuliah 90 menit diselingi dengan jeda istirahat antara mata kuliah.

Di hari pertama senin (25/10) para mahasiswa dan mahasiswi tiba di kampus 10 menit sebelum ujian dimulai, mereka terlihat sibuk membaca diktat baik melalui gawai smartphonenya maupun buku catatan sebelum memasuki ruang kelas.

Mahasiswi STAIDA sedang mengulang membaca diktat pelajarannya melalui gawainya

Beberapa mahasiswa mengatakan bahwa dengan adanya ujian secara offline ini mendorong mereka untuk lebih serius lagi mempersiapkan diri untuk ujian.

Sebagian mahasiswa mengaku baru pertama kali menginjakkan kakinya di kampus STAIDA Jakarta, setelah sekian lamanya tidak bisa mengunjungi kampus karena pembatasan sosial efek dari pandemi.

Dan UTS Ganjil yang dilaksanakan offline ini dapat menjadi pemacu mereka untuk lebih giat belajar, karena bisa langsung bertemu dengan pengampu mata kuliah masing-masing yang biasanya mereka temui secara virtual.

Semoga para mahasiswa mendapatkan nilai yang terbaik di Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil tahun ini. Aamiin.

Kontributor: Zulkifli Reza